Sabtu, 12 Mei 2012

FRAME
Anda dapat menggunakan frame untuk membagi sebuah jendela browser menjadi beberap bagian dimana tiap bagian akan menampilkan sebuah halaman website HTML yang berbeda.dengan demikian dapat dikatakan bahwa dalam sebuah halam website akan terdapat halam website lain yang bisa diatur posisinya tanpa menggangu bagian halaman lainya.
Anda juga dapat mengunakan frame untuk menghindari pengulangan objek yang sama pada setiap halaman website. Sebagian contoh, sebuah halaman website terdiri dari 4 frame.
·         Frame atas, dufungsikan sebagai identitas baik berupa logo,nama, selogan dan lain sebagainya.
·         Frame kiri, sebagai menu navigasi
·         Frame kanan, di fungsikan sebagai website
·         Frame bawah, difungsikan sebagai keterangan hak cipta atau banner
Biasanya bagian identitas, navigasi dan hak cipta akan selalu di munculkan pada setiap halaman. Dengan demikian, frame bagian sering di ulang diletakkan pada halaman tersendiri agar dapat berkonsentrasi pada bagian isi yang isinya sering dapat diubah-ubah.                                                                     Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa frame adalah suatu bagian halaman pada halaman sebuah website, sedangkan frameset adalah halaman website yang menampung semua semau frame yang ada atau bisa dianalogikan sebagai induk halaman website. Pada halman website yang berfungsi sebagai frameset ini bertugas mengatur jumlah frame. Anda bisa mengunakan tample frame yang telah ada atau membuatnya sendiri dengan format yang anda inginkan.
Mengunankan temple frame
Untuk menbuat frame dengan bentuk yang telah disediakan oleh macromedia, ikuti lankah berikut:
a.       Filih menu file->New, hingga muncul kotak dialog  New Documen
b.      Pada kolom General, pilih kategori Framesets
c.       Pada kolom framesets disebelah kanan, pilih salah satu bentuk frame yang anda inginkan dengan melihat preview tampilanya satu persatu.
d.      Muncul jendela dialog Frame Tag Accessibility Attributes, pilih Main frame, kemudian klik OK jika sudah selesai.
Selamat bekerja dengan frame, alangkah baiknya bila toolbar freme dalam keadaan aktif. Caranya, klik menu window, frame (atau shift+F2). Sedangkan objek properties jugan sebaiknya dalam keadaan aktif (menu window, properties atau Ctrl+f3).
Mengatur properti frame
Untuk melakukan pengaturan sebuah frame, gunakan kiombinasi tombol Alt + klik pada frame yang diinginkan. Maka akan muncul property inspector frame, sperti gambar berikut :
Ket :
·         A). Frame name :nama frame, berfungsi sebagai referensi scirpt dan target hyperlink. Pemberian name frame tidak boleh diawali dengan huruf, tanpa spasi dan tanpa tanda minus(-) dan titik (.).
·         B). Src   : untuk menentukan sumber dokumen frame.
·         C). Borsders : untuk menetukan apakah frame di beri border.
·         D). Border color : untuk mengatur warna pada border.
·         E). No resize :untuk mengatur diperbolehkan atau tidaknya perubahan ukuran frame oleh web browser.
·         F). Scroll : untuk menentukan apakah frame yang sedang aktif akan diberi
·         G). Margin widht: untuk mengatur jarak margin atas dan bawah pada frame.






Mengatur properti framesets .
untuk mengatur properti frame set, sebelumnya aktifkan dahulu framesetsnya. Dapat langsung dilakukan dengan memilih pada Document windiw dengan meng-klik salah satu border framenya atau dengan memilih border frame terluar pada panel frame. Selanjutnya pada property Inspector akan tampil properti framesets seperti berikut ini:

GAMBAR
Ket:
a). Border widht: untuk mengatur lebar semua border pada framesets.
b). Borders: untuk mengatur tampilan border
·         Yes, apabila anda menginginkan terdapat border pada setiap frame
·         No, apabila anda tidak menginginkan adanya border pada setiap Frame
·         Defaut, Framesets induk tanpa border, semntara frame didalamnya menggunakan border.
c). Framesets color : untuk mengatur warna pada border frameset.
d). RowCol Selection : untuk memilih bagian kolom atau baris dengan klik bagian atas dan samping tampilan.
e). Row/column size : untuk mengatur tinggi baris atau lebar kolom yang di pilih .
f). Rowcol size units : untuk mengatur ukuran lebar dan tinggi frame.

Mengubah ukuran dan menghapus frame
untuk mengubah ukuran frame, secara sederhana anda dapat men-drag batas frame ke arah horizontal atau vertikal sampai ukuran yang di inginkan tercapai. Untuk menghapus frame, anda dapat men-drag batas frame sampai ke luar document window.

Save semua frame
Yang perlu diingat dalam bekerja dengan frame yaitu sebelum men-priview hasil pekerjaan anda, anda perlu menyimpan semua frame yang telah di bentuk. Caranya, klik menu file, kemudian save All Frames. Maka anda akan diminta untuk memberi nama file untuk frameset beserta frame-frame ynag ada di dalamnya.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda