Senin, 30 Januari 2012

modul tentang pengenalan komputer dan komponennya

BAGIAN-BAGIAN PADA KOMPUTER

Pengertian Komputer : Komputer berasal dari kata bahasa latin “computare” atau dalam bahasa inggris, “to compute” yang berarti menghitung.
Definisi computer adalah :
1. Berupa alat eletronik
2. Dapat menerima input data
3. Mengelola data
4. Memberikan informasi
5. Menggunakan suatu program yang di simpan di dalam memorynya
6. Mampu menyimpan program dan hasil pengolahan
7. Bekerja secara otamatis
Keuntungan menggunakan computer :
1. Efensiansi waktu biaya dan tenaga
2. Kecermatan dan ketelitian perhitungan
3. Ketepatan suatu analisa
4. Mampu mengolah data yang besar
5. Dapat memecahkan masalah-masalah yang rumit yang tidak mungkin dapat dilakukan tanpa menggunakan computer
6. Hasil dari prosses computer dapat di sajikan dalam bentuk yang menarik
Ada tiga bagian penting computer :
A. Hardware : perangkat keras yang dapat di pegang
B. Software : prerangkat lunak
C. Brainware : user/ pengguna computer tersebut, Brainware terbagi atas tiga kelompok :
- Programmer : orang yang membuat program
- Oprator : orang yang menjalankannya (program tersebut)
- Technical support : orang yang lebih banyak pada perbaikan baik software maupun hardwere
Klasifikasi software :
- Sistem Operasi : Windows Xp, vista, win 7 dan macintos
- Driver : adalah software untuk memaksimalkan penggunaan hardware yg terpasang di computer.
- Fitur tambahan : Office, dreamwaver, desktop editor, multimedia maker, program development (contohnya PHP, java, HTML), dan ultility (firewall)

ALUR PEMROSESAN DATA PADA KOMPUTER








KOMPONEN MOTHERBOARD
Motherboard berfungsi sebagai tempat untuk memasang atau meletakkan komponen hardware.
Komponen motherboard:
1. Socket prosesor, digunakan untuk meletakkan atau memasang prosesor.
2. Slot memory, digunakan untuk meletakkan memory card.
3. Chipset, untuk membagi atau mengatur fungsi-fungsi kedalam Motherboard.
Chipset terbagi dua yaitu:
- Chipset Northbridge, untuk mengendalikan atau menangani komunikasi antara CPU, RAM, AGP, dan Slot PCI.
- Chipset Southbridge, untuk mengontrol Hardisk, Keyboard, Mouse, dan sejumlah perangkat lainnya.
4. Slot AGP ( Accelerated Grafhics Port ), untuk melakukan VGA card jenis AGP.
5. Slot PCI ( Pheriperal Component Interconnect ), untuk meletakkan pheriperal seperti, Sound Card, LAN Card, dll.
6. CMOS atau BIOS, untuk membaca atau mendeteksi komponen-komponen hardware.
7. Baterai BIOS, untuk menyimpan konfigurasi setting BIOS agar tidak berubah setiap komputer dimatikan.

Yang harus dipertimbangkan:

- Chipset Northbridge dan Southbridge yang dipakai.
- FSB yang di dukung.
- Socket CPU yang tersedia.
- Slot RAM yang tersedia.
- Komponen yang terpasang onboard.
- Kelengkapan port input dan output.
- Jumlah expansi yang tersedia.
- Slot hardisk atau optical disc yang tersedia.


STRUKTUR KOMPUTER
 INPUT DEVICE

Adalah perangkat keras komputer yang bekerja sebagai alat untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer.

1. KEYBOARD


Keyboard berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.
Keyboard adamacam:
- At, modelnya seperti ps2 tetapi ukurannya lebih besar . dan di gunakan pada pentium 1,2,dan 3.
- Ps2, modelnya seperti ps2 tetapi berwarna hitam atau ungu.
- Usb.
- Wireless.

2. MOUSE



Mouse befungsi untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat.
Mouse ada 4 macam :
- Serial.
- Ps2, mouse yg bias di gunakan untuk pc, biasanya berwarna hijau.
- Usb, yang mempunyai ujumg seperti flasdisk.
- Warles,yang tidak mempunyai kabel.


3. JOYSTICK


Joy stik Berfunsi Untuk menggerakan kursor dalam computer seperti Mouse atau sebagai controller dalam game agar User bisa leluasa menggerakan object / Mengontrol sesuai kehendaknya.dan Alat ini juga biasa digunakan pada permainan (games) komputer.
4. VOICE RECOGRITION

berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara.
5. TRACK BALL

Track ball Berfungsi sebagai unit yang dapat digunakan sebagai pengganti mouse.
6. SCANNER

Scanner berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer.dan untuk mengopy gambar atau teks yang kemudian Hasilnya akan ditampilkan di computer.
7. LIGHT PEN

Light pen berfungsi untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor).
8. BAR CODE READER

Barcode berfungsi untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka.
9. WEB CAM

Web cam berfungsi untuk memungkinkan orang berhubung ke internet untuk melihat baik berupa gambar atau gerakan video dari pengguna atau objek lain.
10. TOUCH SCREEN

Touch screen berfungsi untuk menampilkam grafik dan visual yang merupakan output dari sebuah perangkat computer dan merupakan sebuah
perangkat komputer yang biasanya digunakan untuk menampilkan informasi grafikal dan visual yang merupakan output dari sebuah perangkat komputer.
 OUTPUT DEVICE
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran dari hasil pengolahan.
1. SPEAKER

Speaker berFungsi Mengeluarkan suara dari computer / device lain. Baik itu musik,suara manusia dll.
2. MONITOR

Monitor berfungsi Untuk menampilkan gambar, film, dan Tulisan, serta berfungsi untuk menampilkan hasil kerja pemrosesan komputer secara visual baik berupa gambar maupun data.
Macam-macam monitor:
- CRT, monitor yg memakai tabung ( Cathode Ray Tube ).
- LCD, terdiri dari keristal ( Liquid Cristal Display ).
- LED, terdiri dari dioda ( Light Emiting Dioda ).
3. PRINTER

Printer berfungsi sebagai alat pencetak dengan media kertas, hasil yang terdapat dalam computer adalah berbentuk softcopy agar bisa di lihat tanpa menggunkan computer maka perlu dicetak di kertas dengan printer.
Macam-macam printer:
- Printer DOT MATRIX, printer yang menggunakan tinta pita / jarum dan biasanya kalau bekerja akan ribut.
- Printer INJECT, printer yang memakai tinta cair.
- Printer LASER JECT, printer yang memakai tinta tuner.
- Printer BUBBLE JECT.
4. PROJEKTOR

Projektor berfungsi untuk memvisualkan image ke layar domesimulator pesawat terbang. Dan untuk menampilkan gambar pada sebuah layar.

 STORAGE DEVICE

1. DISKET



Disket berfungsi sebagai perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur dan dilapisi lapisan plastik berbentuk persegi atau persegi panjang.

2. CD-ROOM


Cd-room berfungsi untuk melakukan penginstalan sebuah operating sistem (OS), game, atau sofware-software lainnya. Atau melakukan booting pada saat masuk ke OS bila sebuah system tidak mau berjalan. Dan dapat menyimpan data.

3. OPTICAL DISC DRIVE



optical disc drive (ODD) adalah sebuah disk drive yang menggunakan laser cahaya atau gelombang elektromagnetik di dekat spektrum cahaya sebagai bagian dari proses membaca atau menulis data ke atau dari cakram optik.

4. MAGNETIC TAPE


Magnetic tape berfungsi Untuk media penyimpanan,Untuk alat input/output,dan untuk merekam audio, video atau sinyal.
5. USB FLASH DRIVE



USB flash drive berfungsi untuk alat penyimpanan data memori flash tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi.

6. HARDISK



Hardisk berfungsi sebagai ruang simpan utama dalam sebuah computer.Dan sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis.

Jenis-jenis hardisk:

- Hardisk PATA ( Paralel ATA ), tahan panas.
- Hardisk SATA ( Serial ATA ), kecepatannya bagus.
- Hardisk SCSI ( Small Compt System Interface ), kecepatannya 2 kali lipat dari SATA.

Yang harus dipertimbangkan dalam memilih hardisk:

- Port yang dimiliki.
- Kapasitas yang dimiliki.
- Kecepatan putaran cakramnya untuk menentukan penyimpanan dan pengambilan data.

 CPU

1. RAM



RAM berfungsi untuk memegang arahan dan data yang akan diproses oleh processor dan menyimpan sementera informasi yang akan ditayangkan oleh monitor. Dan berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu (power on) jika komputer kita matikan, maka seluruh data yang tersimpan dalam RAM akan hilang.

Contoh RAM:

- Edo RAM ( 72 pin ),untuk pentium 1.
- SDRAM ( 168 pin ),untuk pentium 2 dan 3.
- DDR RAM( 184 pin ), untuk pentium 4.
- DDR 2 ( 240 pin ), untuk Dual Core.
- RD RAM.
- DDR 3.

Yang harus dipertimbangkan:

- Kapasitas yang dimiliki RAM.
- Kapasitas maksimal yang mendukung Motherboard.
- Sesuaikan dengan slot yang tersedia di motherboard.
- Apakah motherboard menggunakan 2 channel.
- BUS PC yang digunakan di RAM.

2. ROM



ROM berfungsi untuk menyimpan program operasi komputer : BIOS & booting.

3. PROCESSOR


Processor berungsi untuk menerjemahkan perintah atau instruksi secara berurutan yang kemudian diteruskan ke seluruh bagian komputer.

Bagian penting pada processor:

- ALU ( Arithamatics Logic Unit ), berfungsi melakukan proses aritmatika dan logika.
- Memory unit, berfungsi sebagai penyimpanan sementara.
- Control unit, berfungsi sebagai pengontrol kerja komputer.

Yang harus dipertimbangkan:

- Bentuk socket yang digunakan.
- Clock speed, adalah jumlah eksekusi perintah yang bisa diselesaikan dalam satu detik.
- FSB ( Frout Side Bus ),merupakan lebar jalur Pengiriman dan pengambilan data.

 PERIFERAL

1. MODEM


Modem berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara dan juga sebaliknya.dan sebagai bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan.
2. MIDI CARD



Midi card berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan instrumen musik elektronik dan pemrosesan efek khusus.

3. NETWORK CARD


Network card Berfungsi untuk Media pengirim data ke komputer lain di dalam jaringan ,Mengontrol data flow antara komputer dan sistem kabel, dan Menerima data yang dikirim dari komputer lain lewat kabel dan menerjemahkannya ke dalam bit yang dimengerti oleh computer.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda